SEKILAS INFO
: - Sabtu, 21-09-2024
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang Peserta Didik Baru MTsN 6 Banyuwangi
  • 3 tahun yang lalu / Libur Semester Genap Mulai tanggal 20 Juni sampai 12 Juli 2021
MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) MTsN 6 Banyuwangi

Pagi hari tanggal 18 Juli 2022 disambut dengan hujan rintik- rintik tidak mematahkan semangat Bapak Ibu Guru dalam menjalani aktivitas dihari pertama masuk madrasah kelihatan sebagian guru sudah datang dan menyambut siswa di halaman depan madrasah sesuai dengan program 3S (Sapa, salam dan senyum) dan begitupun semangat siswa baru di MTs Negeri 6 banyuwangi sangatlah membara dan pada hari pertama ini tidak ada satu siswapun yang terlambat,  kegiatan MATSAMA di MTs Negeri 6 Banyuwangi rencana akan dilaksakanan pada tanggal 18- 20 Juli 2022 yang bertempat di MTs Negeri 6 Banyuwangi yang diikuti oleh 160 peserta didik baru dengan rincian 92 laki-laki dan 68 Perempuan. Masing- masing peserta didik baru ini menempati 5 kelas yang sudah disediakan panitia sebanyak 32 siswa per kelas..

            Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang lebih dikenal dengan nama MATSAMA merupakan  kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru dan diperuntukkan bagi siswa/i baru baik di tingkat MI, Mts, dan MA. Kegiatan tersebut biasanya berlangsung selama tiga hari. Melalui MATSAMA, diharapkan para peserta dapat mengenal tata cara pembelajaran, ciri khas, karakter, dan budaya yang ada di lingkungan madrasah, sehingga akan mendukung berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar di madrasah pada masa selanjutnya, Pendidikan merupakan proses yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas, intelektualitas, dan kepribadian peserta didik guna menjadi manusia yang berkualitas. Sekolah atau madrasah mempunyai tugas yang tidak hanya terbatas pada masalah pengetahuan saja, akan tetapi juga pendidikan secara luas. Sehubungan dengan perkembangan zaman dan semakin pesatnya persaingan di dunia pendidikan, maka dari itu perlu adanya kecerdasan sosial yang dapat dibentuk melalui kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) sebagai pengenalan dan sosialisasi bagi peserta didik baru terhadap segala hal yang berkaitan dengan madrasah secara lengkap, utuh, dan terpadu. MATSAMA diharapkan menjadi suatu kegiatan yang dapat membentuk mental, kedisiplinan, dan kecintaan terhadap lingkungan madrasah sehingga dapat dijadikan bekal dalam membangun diri dalam lingkungan masyarakat di masa yang akan datang.

Sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, MATSAMA pada tahun ajaran 2022-2023, Indonesia baru saja terbebas dari pandemi Covid-19 sehingga pola pelaksanaan MATSAMA tidak dilakukan secara daring namun secara tatap muka. Akan tetapi Covid-19 belum sepenuhnya hilang tetap ada batasan-batasan yang harus di taati, jadi Peserta didik, Pendidik dan tenaga kependidikan MTs Negeri 6 Banyuwangi tetap mematuhi standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan mencuci tangan dan memakai masker.

TINGGALKAN KOMENTAR